Soto-mate.



Selera makanku memang agak berbeda dari beberapa orang lain.
Ketika ditanya sarapan mau makan apa?
Di kepalaku pasti ada kisi-kisi jawaban yang hampir sama setiap waktunya, entah pagi, siang, sore, atau malam.
Aku selalu suka makanan berkuah, gurih, agak asam dan tentu saja pedas.
Soto!
Mau soto dari daerah manapun aku pasti suka.
Dengan porsi nasi secukupnya, topping irisan sayur kubis, wortel ataupun daun bawang dan daun seledri, bihun basah, dan tentu saja kuah gurih hangat yang tidak boleh ketinggalan.
AKU SUKA SEKALI KOMPOSISI MAKANAN SATU INI !
Entah siapa penemu soto pertama kali, yang jelas, aku sangat berterima kasih karena sudah menciptakan makanan sedap tiada banding.

Soto favoritku tentu saja dari daerah asalku sendiri, soto Banjar.
Dengan irisan ketupat, suiran ayam kampung, telur bebek rebus, perkedel singkong.
Rasanya akan sangat sangat sangaaaat mantap apabila kamu racik dengan sambal, perasan jeruk sambal, dan sedikit kecap asin.
Wadaaaaaaw, parah itu rasanya sedap sekali pemirsaaaaa ~
Selain soto Banjar, aku suka soto Lamongan, soto Babat, soto Madura, soto Surabaya, soto Sokaraja, coto Makassar juga, soto daging dengan beberapa merk terkenal ataupun tidak, soto ayam gerobakan, eeeh banyak soto lainnya yang aku suka banget!
Dan saking sukanya dengan makanan bernama soto, beberapa teman lamaku sampai heran bingung geleng-geleng kepala karena mereka bingung dengan seleraku yang bisa saja ingin makan soto di siang hari panas menyengat ahahaha.
Jangan suruh aku pilih ingin memakan soto atau bakso, dua-duanya bisa ku makan barengan. Karena di Wonosari, Gunung Kidul, ada pilihan soto bakso.
Jadi, soto daging sapi atau soto ayam bisa ditambah topping bakso sapi gitu lho.
Rasanya sudah tentu sangat amazing !

Yang membuatku senang dengan selera makanku akan soto sangatlah besar adalah, pacarku pun ternyata juga sangat tertarik dengan makanan tersebut. Cihuy lah!
Hampir dua tahun bersama, kami sudah mengeksplore beberapa bakul soto yang menggoyang lidah. Ah, banyak tempat soto yang sering kami tuju.
Tapi ada beberapa yang jadi langganan, contohnya soto Pak Tiar di pasar Munggi, Wonosari. Foto soto di konten ini, yaaa itu soto Pak Tiar.
Dengan harga murah meriah, perutmu akan kenyang terpuaskan dengan rasa soto yang sangat unik.
Sebenarnya, kata teman-teman di Kalisuci, soto Wariyun jauh lebih enak. Iya memang, aku dan pacarku pun beberapa kali pernah makan di soto Wariyun samping pasar ternak itu. Tapi, soto Pak Tiar selalu menggoda kami untuk sarapan kesiangan setiap kali lagi main ke Wonosari.
Oh iya, jika suatu hari nanti kamu mencoba makan soto Pak Tiar, jangan terlalu banyak menambahkan sambalnya yaa.
Sambal beliau level pedasnya luarbiasa Cuy!

Pengakuan pacarku, dia dulu bukan fans garis keras soto.
Malah dia punya pengalaman trauma yang sedikit lucu dengan soto.
Dulu, pacarku tinggal dengan Bude-nya sedari kecil. Dan Bude pun bukan ibu rumah tangga yang cuma tinggal di rumah menjaga anak-anaknya. Bude bekerja dari pagi sampai sore, kalau tidak salah.
Pada suatu hari, Mas Galih, pacarku ini dan sepupu-sepupunya dibelikan soto buat makan siang dari Bude.
Kata Mas Galih,
“Kamu tau? Soto pertama yang dulu ku makan itu penampilannya menyedihkan sekali. Warna kuahnya kuning bening. Cuma ada bihun. Rasa kuahnya asin, air ditambah garam. Gak ada tuh rasa kaldu. Sudah begitu, itu jadi menu makananku hampir tiap hari…”

Pertama kali mendengar ceritanya aku nyaris tidak percaya, mana ada makanan bernama soto dengan tampilan dan rasa sesedih itu. Mau tidak mau aku harus percaya ketika Mas Galih mengakhiri ceritanya dengan tambahan kalimat, “Namanya juga soto kampung, Sa…”

Ah, tapi soto kampung di jalan Berbah yang namanya soto Bu Siti itu rasanya lezat sekali Mas!
Walaupun katamu soto Bu Siti terlalu banyak rempah.
Tapi bukankah soto beliau sangat menggemaskan rasanya?
Aku saja berani jauh-jauh ke sana sendirian demi makan soto berkuah kuning yang gurih itu.
Asal kalian tau, kuah kuningnya itu alami berasal dari kunyit. Tangan Bu Siti seringkali ku lihat ada bekas getah kunyit yang susah hilang.
Suiran ayam potong dan juga mix ayam kampung pada soto beliau sangat berbeda dari soto lainnya yang pernah ku makan.
Soto Bu Siti ayamnya direbus, dan kuah rebusan tentu saja jadi kaldu soto.
Jadi, daging ayamnya itu empuk tanpa digoreng. Mantap pokmen!

Ada juga soto lainnya yang jadi langganan kami berdua, soto sampah jalan Kranggan, soto Ngadiran, soto gerobak depan tempat kerja Mas Galih, soto daging Ijo Monjali, soto Beringharjo, soto Lempuyangan.
Nanti lah, kapan-kapan ku buat list soto-soto lezat di Jogja agar jadi refrensi buat kalian yang juga suka menyantap makanan berkuah tersebut.

Pernah suatu hari ku tanyakan pada Mas Galih tentang mimpiku yang amat sangat sederhana, mungkin dia bingung ku tanyai dengan pertanyaan tersebut.
Kataku, “Mas, boleh gak nanti kalo sudah tua aku jualan soto?”

“Yaa boleh, kenapa harus menunggu ketika tua?”, dia bertanya balik.

“Biar ada kesibukanku pas jadi ibu-ibu. Jualan soto. Mau bantuin gak?”

Kami terkekeh dengan obrolan ringan semacam itu.
Iya, aku ingin jadi seseorang yang memasak soto lezat untuknya setiap hari sampai dia bosan. Dan kami punya kedai makan sederhana di samping rumah, atau di gerai mobil berjalan.
Akan ku buatkan soto terlezat untuknya, setulus hati ku masak dengan penuh cinta.

Komentar

Postingan Populer